Keblinger

Keblinger

Tes Persahabatan

| Selasa, 12 April 2011
Sahabat Corat Coret pasti punya sahabat kan ? Tapi apakah dia bener bener bisa dijadikan sahabat ? ato dia cuman datang disaat butuh dan meninggalkan kita saat kebutuhannya sudah terpenuhi ? Cek Benarkah "Dia" sahabatmu dengan tes praktis dibawah ini....

6 Tes untuk mengetahui apakah dia memang sahabatmu

1. Kepedulian
Salah satu kriteria penting yang menentukan apakah dia teman sejati atau bukan adalah sejauh mana orang itu memperdulikan kehidupan anda. Berceritalah tentang sesuatu yang penting yang terjadi dalam kehidupan anda, dan perhatikan apakah dia meminta anda untuk meneruskan cerita itu, dan perhatikan apa yang terjadi. Apabila dia tidak meminta anda untuk meneruskannya, maka tegurlah dia dan apakah dia memintanya atau tidak, apabila dia tidak menanggapinya, ingatkanlah cerita anda apakah dia mengingat pembicaraan anda terdahulu yang pernah anda kemukakan.

2. Kesetiaan
Ceritakanlah sebuah rahasia tentang suatu persahabatan timbal balik dan lihatlah apakah cerita itu kembali kepadanya atau tidak. Teman sejati mengetahui nilai kepercayaan dalam sebuah hubungan. Tetapi sebelum menceritakan rahasia tersebut mintalah izin teman anda terlebih dahulu untuk menceritakannya kepada orang lain.

3. Kebanggaan
Siapapun dapat menghibur anda. karena orang yang menghibur seseorang akan merasa berbahagia. Tetapi lihatlah siapa orangnya yang mengucapkan selamat ketika anda memperoleh keberhasilan. Hanya orang-orang yang tidak memiliki rasa iri hati dan cemburu saja yang dapat melakukannya. Teman anda yang sejati ikut merasa bangga dengan prestasi anda. Perhatikanlah apakah seorang teman datang kepada anda ketika anda mendapat berita baik, tidak hanya ketika mendapat berita buruk. Banyak orang yang dengan senang hati "menghibur kita" ketika kita ditimpa kesusahan. Tetapi lebih sulit mencari orang yang mau mengucapkan selamat ketika kita memperoleh kegembiraan.

4. Kejujuran
Seorang teman sejati adalah orang yang menceritakan kepada anda hal-hal yang tidak ingin anda dengar. Dia rela untuk tidak anda senangi, yang penting dia dapat menolong anda. Apakah dia menceritakan kepada anda hal-hal yang dapat menyelamatkan anda meskipun menyebabkan anda tidak senang kepadanya?

5. Penghargaan
Katakanlah kepadanya bahwa ada sesuatu yang sangat menggembirakan, sesuatu yang sangat baik, yang pernah terjadi dalam kehidupan anda tetapi anda benar-benar tidak ingin menceritakannya sekarang, kemudian lihatlah apakah dia mendesak anda untuk segera menceritakannya atau tidak. Disini harus dibedakan antara rasa ingin tahu dengan kepedulian. Apabila dia "hanya ingin tahu", maka dia hanya tertarik dengan ceritanya bukan kepada anda. teman yang baik akan menghargai keinginan anda dan akan memberikan waktu untuk anda. Boleh jadi dia akan menjadi penasaran, karena sangat tertarik. Tetapi dia tidak terus-menerus mendesak anda dan meminta supaya kisah itu segera diceritakan, apakah anda memang telah menjelaskan kepadanya bahwa anda memilih untuk tidak menceritakan sekarang.Alasannya kenapa anda menggunakan "misteri" yang positif, bukan negatif, adalah karena apabila seorang teman yang baik merasa bahwa anda sedang menghadapi masalah, maka dia akan mendesak anda untuk mengetahui masalah anda sekarang karena dia memiliki kepedulian. Namun anda tidak perlu memperlakukan "test" terhadap teman anda dengan cara seperti itu, karena anda tidak ingin menempatkan teman anda dalam keadaan tersebut.

6. Pengorbanan
Bersediakah dia menyerahkan sesuatu demi untuk kebahagiaan anda? Bersediakah dia mengorbankan kesenangannya sendiri demi kebahagiaan anda? Siapakah yang memutuskan apa yang harus anda lakukan? Adakah kata kompromi dalam kosa kata katanya? Ketika anda menghadapi konflik dengan orang lain, sebagian besar orang berlomba-lomba untuk melindungi kepentingannya sendiri. Perhatikanlah apakah dia merupakan orang yang memiliki gagasan atau rencana untuk membantu konflik anda, atau "menyelamatkan diri agar tidak cedera", atau melihat-lihat manakah yang lebih menyelamatkan dirinya dan melindungi kepentingannya sendiri.

Apabila dia lulus dalam empat dari enam tes tersebut, agaknya anda memperoleh teman yang baik, yang dapat anda percayai. Apabila skornya tiga atau kurang, anda perlu meneliti kembali persahabatan anda atau membicarakannya dengan saja. Tentu saja, tes ini juga perlu untuk menilai diri sendiri. 
Sahabat Selamanya... Selamanya Sahabat


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Corat Coret Blogger Template by Dzignine